Tuesday, November 10, 2015

Drama per-visa-an

Road to VisitKorea VIP Members Invitation Tour (3)


Hari ini, Senin 9 November 2015, akhir dari masa penantian visa saya (H-8 keberangkatan)



10.15 AM Telp ke Consular Section, Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia

Sesuai dengan yang tertera di formulir tanda terima aplikasi visa, tiap applicant diharapkan untuk menghubungi consular terlebih dahulu untuk menanyakan status visa mereka sebelum datang ke konsular untuk pengambilan visa. Saya pun menelpon mereka tepat di pukul 10.15, dengan harap-harap cemas, apakah visa saya di approve atau tidak. Tapi 'de javu' kejadian bulan Feb kemarin terulang kembali. Staf konsular yang mengangkat telp menginfokan kalau visa saya masih dalam proses, saya diminta untuk menelpon kembali setelah makan siang. Biar gak salah jam lagi, kali ini saya kembali memastikan setelah jam makan siang yang dimaksud tepatnya jam berapa ya dan informasinya jam 2 siang. Ok, semoga di jam 2 nanti saya sudah dapat info apakah visa saya di approve atau tidak.

Jujur, saya cukup khawatir dengan kondisi ini, karena melihat jalan ceritanya kok jadi seperti waktu di bulan Feb kemarin, saya harus telp ke kedutaan 3 hari berturut-turut sampai akhirnya ada kepastian kalau visa saya di approve, dan itupun juga dengan menelpon sehari 2 kali.
Saat ini saya lebih merasa tidak enak lagi karena KTO tadi pagi sudah email saya lagi menanyakan status visa saya, dan sepertinya mereka menunggu informasi status visa saya dulu, baru meng-fix-kan akomodasi dan tiket pesawat peserta lainnya. Jadi, bisa dibilang, penyebab teman-teman lain tidak kunjung mendapatkan info dari KTO soal kepastian jadwal penerbangan mereka, salah satunya disebabkan karena saya. Karena status visa saya yang belum jelas sampai saat ini x_x.



1.55 pm Telp ke Consular Section Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia.

-nihil-

Staf consular: "masih di review oleh konsulnya. Coba telp lagi jam 3."

Saya: "ok, Bu. Terima kasih."
(Dalam hati saya: 'de javu' ini jalan ceritanya persis seperti bulan Feb kemarin. Kalau baru di review sekarang, lah berkas saya udah 4 hari disana diapain aja coba? *sigh* )



3.05 pm Telp ke Consular Section - Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia.

Kali ini yang angkat telp staf cowok. Untunglah. Entah kenapa saya langsung merasa lega begitu yang angkat telp beda dengan sebelumnya.
Jawabannya : Sudah bisa diambil ya paspornya.

Puji Tuhan, akhirnya masa penantian saya berakhir. Masa penantian kali ini, deg-deg an nya mengalahkan waktu dulu saya menunggu hasil UAN ataupun ujian skripsi.  
"He hath made all things beautiful in His time... "
Horeeee.. jadi pulang kampung lagi musim gugur ini, Korea....., I'm coming!!!


Drama per-visa-an -THE END-

Begitu dapat informasi kalau visa saya sudah di approve saya langsung mengirim email ke KTO dan menginfokannya ke rekan-rekan pemenang lainnya. Senang banget punya teman-teman yang walau baru kenal, sudah saling menyemangati satu sama lain. Gak sabar rasanya pengen ketemuan dengan mereka.


Prahara salah email, drama visa sudah berhasil saya lewati dengan aman tentram dan damai, selanjutnya tinggal mengambil paspor saya, packing dan menunggu hari H yang kurang dari seminggu lagi.

Mulai hari ini saya berada di fast moving mode *gak mau kalah sama fast charging lol*, saya akan ke Jakarta di hari Selasa, kembali ke Surabaya hari Rabu. Sekembalinya saya dari Jakarta, saya harus mulai packing dan memikirkan mau kemana saja saya selama free time di Korea.

Pengambilan paspor + visa - Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia, 10 Nov, 2.15 pm.

Proses pengambilan visa di Kedubes masih seperti biasa, yaitu pelayanan mulai jam 14.00
Kemarin saya tiba jam 14.15 dan ruangan sudah penuh sesak. Datang, saya langsung meletakkan slip pembayaran visa saya ke di loket, dan untunglah tidak sampai 15 menit kemudian nama saya sudah dipanggil.(kesimpulan: yang pada ngantri itu orang-orang agen perjalanan semua).

Paspor dan visa sudah ditangan, sekarang waktunya mulai menyusun packing list. Saya punya kebiasaan membuat packing list, biasanya saya menyiapkan list ini jauh-jauh hari, tapi karena perjalanan kali ini serba mendadak, jadinya saya putuskan list akan saya buat setelah visa jadi.

Secara garis besar packing list saya kurang lebih sama dengan list bawaan saya bulan November 2011 yang lalu. Yang pasti dan wajib dibawa adalah down jacket / coat, pakaian thermal / longjhon / heattech, pelembab bibir, handcream dan body butter.   Kenapa wajib? Karena suhu di tengah November ini menurut ramalan sekitar 4° - 14° c. Jadi cukup dingin yaaa.. terutama di malam hari, jadi senjata perang di atas harus dibawa.

To be continued ... 

Nantinya saya akan coba live report kemana saja kami pergi selama VisitKorea VIP Members Tour .. jadi buat yang penasaran silakan follow saya di sns berikut ya:

Facebook: https://www.facebook.com/xhia.lee 
Twitter: @tee2cya
Instagram : tee2cya


*Buat yang belum tau kenapa bisa ada skenario visa bulan Feb kemarin. Bulan April 2015 ini saya baru ke Korea selama 4 hari untuk berburu cherry blossoms, tapi belum selesai tulisannya di blog. Janji deh habis trip ini, akan saya post di blog.
 

No comments:

Post a Comment