Sunday, April 17, 2016

Global Seoul Mate ?!

Penasaran dengan logo Global Seoul-Mate di atas yang juga saya pajang di halaman blog saya ini? Berikut postingan yang saya dedikasikan untuk menjelaskan logo tersebut dan apa sebenarnya Global Seoul-Mate itu. 

Global Seoul-Mate adalah program yang dibuat oleh Seoul Metropolitan Government sebagai salah aktivitas humas mereka untuk mempromosikan Seoul dengan merekrut orang asing, baik yang tinggal di Korea maupun di luar Korea. Tugas utama para Global Seoul-Mate ini adalah untuk turut serta mempromosikan Seoul lewat jaringan SNS pribadi  dengan membagikan testimoni ataupun pengalaman mereka selama berada di Seoul lewat berbagai jaringan sosial media (SNS = Social Network Services ; istilah kerennya social media yang biasa digunakan di Korea).

Program Global Seoul-Mate diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 (pls CMIIW ^^) yang sampai saat tahun ini masih terus berlangsung. Dulunya mereka akan membuka rekruitmen di awal tahun dan para Global Seoul-Mate yang terpilih akan diberikan mission yang harus mereka selesaikan. Setiap akhir tahunnya Seoul Metropolitan Government akan memilih para Global Seoul-Mate terbaik berdasarkan kualitas submission mereka untuk setiap mission dan akan memberikan hadiah khusus buat mereka, termasuk di dalamnya sertifikat Global Seoul-Mate yang di tanda tangani oleh Walikota Seoul. Mulai tahun 2015, program ini tidak lagi menggunakan sistem rekruitmen, mission terbuka untuk siapa saja, dan biasanya akan diumumkan lewat akun sosial media resmi Seoul Metropolitan Government atau Visit Seoul. Siapapun yang terpilih sebagai pemenang dalam setiap mission akan otomatis menjadi Global Seoul-Mate tahun tersebut. Di bawah ini contoh salah satu hadiah khusus yang diberikan kepada exemplary Global Seoul Mate (Global Seoul Mate terbaik) tahun 2014 berupa Korean Traditional Tea set dengan desain kemasan yang super unik (special thanks to my friend Natcha for letting me use her picture - Nat adalah salah satu peserta dari Visit Korea VIP Member invitation trip bulan November 2015 kemarin yang juga merupakan salah satu Global Seoul Mate)

 
Korean Traditional Tea set - prize for 2014 Exemplary Global Seoul Mate - Keren banget kan hadiahnya? (photo credit: https://www.instagram.com/iamnazza/ )


Tahun 2015 kemarin saya berhasil menjadi salah satu Global Seoul-Mate dan diundang untuk menghadiri upacara penutupan 2015 Global Seoul Mate & Photo Exhibition pada tanggal 29 Desember 2015 kemarin di Seoul Citizen Hall dan ikut serta dalam talk show dengan Seoul Mayor Park Won-Soon. Dengan berat hati kemarin saya harus mengundurkan diri dari acara ini karena waktu undangan saya terima itu sudah kurang dari 10 hari dari hari H, terpaksa saya harus mengurungkan niat saya untuk pulang kampung dan bertemu langsung dengan Seoul Mayor hiks.. karena sudah dipastikan ini mission impossible - visa Korea Selatan tidak akan didapatkan dalam waktu kurang dari 10 hari (normalnya adalah 4 hari kerja) apalagi dipotong dengan adanya libur hari raya Natal. Beruntung, saya masih cukup terhibur mereka tetap mengirimkan sertifikat 2015 Global Seoul-Mate saya di bulan Januari 2016 walau saya tidak menghadiri undangannya
Sertifikat 2015 Global Seoul-Mate saya
Foto Global Seoul Mate 2015 bersama Seoul Mayor Park Won Soon di ending ceremony of 2015 Global Seoul Mate bertempat di Seoul Citizen Hall - saya seharusnya berada di sana bersama mereka :( , kalau saja WNI tidak perlu visa untuk ke Korea...(Photo credit: Visit Seoul Official Facebook)

Bagaimana saya bisa jadi Global Seoul-Mate 2015? Saya menjadi Global Seoul-Mate karena saya adalah salah satu pemenang mission Global Seoul-Mate bertajuk 'Hidden Spot in the City'. Misinya adalah posting foto tempat yang menurut kita adalah hidden spot in the city - Seoul - dan beri keterangan tentang tempat tersebut di SNS kita. Saat itu saya memilih foto panorama downtown Seoul yang saya ambil dari Haneul Tteul Sky yard di rooftop Seoul Metropolitan Library. Saya pilih ini karena sepertinya belum banyak orang asing yang tau soal tempat ini - karena kemarin waktu ke sana saya tidak ketemu satu orang asing pun - jadi tempat ini seharusnya memenuhi kategori hidden spot in the city. Hadiah yang saya terima sebagai pemenang adalah Amazon Gift Card senilai USD 50. 
Ini foto yang saya submit untuk misi Global Seoul-Mate 2015 dan menurut informasi foto ini juga akan dipajang di Seoul City Hall photo exhibition - foto bisa dilihat di instagram saya @tee2cya

Mission pertama Global Seoul-Mate 2016 adalah bertema 'Spring in Seoul'. Tugasnya adalah kita diminta untuk sharing foto spring location di Seoul pilihan kita beserta penjelasannya. Setiap foto yang diikutsertakan untuk event Global Seoul-Mate harus merupakan dokumentasi kita sendiri. Pemenang dari misi pertama ini akan mendapatkan 1-day tour keliling Seoul (63 building, Yeouido Cherry blossoms, Seoul Marina Yacht, meals, dll) gratis beserta Seoul City Souvenir - seluruh biaya akan ditanggung oleh Seoul Metropolitan Government dan 63 Galleria Duty Free. 
Walau saya tidak berharap untuk memenangkan mission pertama ini, saya tetap ikut serta untuk menjalankan misi, hehehe... (saya gak berharap menang karena tidak mungkin saya bisa ke Korea pada tanggal yang diminta). 

Penjelasannya lainnya tentang Global Seoul Mate dapat dibaca di link ini. 

 
Ini para pemenang mission pertama Global Seoul-Mate 2016 (photo credit: Visit Seoul official Facebook)
A Yeouido Spring Outing with Global Seoul Mates - April 2016 - Video credit: Visit Seoul official Youtube 

So, after reading this article do you want to be one of the Global Seoul-Mates? If you say YES, follow Seoul Metropolitan Government and Visit Seoul on their SNS and wait for the next mission.

I can't wait for another mission ^^ 


Website Seoul Metropolitan Government dan Visit Seoul:

http://english.seoul.go.kr/


 
http://english.visitseoul.net



 

No comments:

Post a Comment